Gangguan Tidur Bisa Jadi Disebabkan Penyakit Penyerta, Cek Apa Saja?

- Minggu, 26 September 2021 | 15:00 WIB
Gangguan tidur (Unsplash)
Gangguan tidur (Unsplash)

HALLO LAMPUNG – Sering mengalami gangguan tidur? Bisa jadi penyakit penyerta yang diderita menjadi penyebabnya. Cek apa saja penyakit yang menjaid pemicunya?

“Gangguan tidur atau disebut somnipati banyak dialami masyarakat. Ada banyak faktor penyebabnya, termasuk penyakit penyerta,” kata dr Ruth Katrin Goldina pada edukasi bertema Gangguan Tidur, yang digelar Siloam Hospitals Jantung Diagram, Cinere, Depok, secara daring.

Dr Ruth menyebutkan sejumlah penyakit penyerta yang menjadi pemicu gangguan tidur. “Misalnya penyakit pada organ saraf, pencernaan, dan gangguan sendi. Apabila ditemukan penyakit penyerta, tak kalah penting adalah mengobati penyakit tersebut yang dapat mempengaruhi kualitas tidur, karena itu termasuk faktor pada gangguan tidur," kata dr Ruth mengingatkan.



Umumnya gangguan tidur dapat diatasi dan disembuhkan atau diatasi  melalui dua hal, yaitu melakukan konsultasi kepada dokter atau mengubah pola/kebiasaan beraktivitas dengan dukungan sejumlah faktor yang membuat aktifitas tidur menjadi nyaman.

Setelah konsultasi, dokter akan melakukan tindakan  pada pasien gangguan tidur. Antara lain pemberian obat dengan dosis terukur, mengarahkan pasien guna memperbaiki pola aktivitas dan faktor lingkungan kamar tidur dan lainnya.

Mengacu pada The Institute for fungtional medicine, faktor non medis guna mengatasi gangguan tidur, dapat diatasi dengan memenuhi beberapa hal sebagai berikut :

-Temperatur kamar berkisar 24-26" Celcius
- Keadaan lingkungan tempat tidur dibuat redup bahkan gelap biasanya akan lebih nyaman.
- Lingkungan yang tenang
- Warna ruangan yang lembut
- Kenyamanan dari kualitas kasur terbaik
- Ruangan tidur yang bersih dan sehat.***


Editor: Diana Alfiatri

Tags

Terkini

Doa Hujan Lebat yang Dibaca Nabi

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:23 WIB

5 Cara Mindfullness Bikin Diet Sukses

Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Terpopuler

X