5 Cara Membersihkan Reproduksi Wanita, Jangan Salah Arah

- Senin, 4 Oktober 2021 | 07:45 WIB
Ilustrasi alat reproduksi wanita (Unsplash)
Ilustrasi alat reproduksi wanita (Unsplash)

HALLO LAMPUNG -  Salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah dengan merawat kebersihan area kewanitaan atau feminine hygiene.  Jika tidak ditangani dengan baik, area sensitif ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan reproduksi, termasuk keputihan, iritasi, dan infeksi saluran kemih (ISK).

Dr. Cynthia A. Susanto, BMedSc, Sp.OG menjelaskan bahwa keputihan merupakan salah satu permasalahan kesehatan reproduksi yang paling sering dialami oleh perempuan.

Ada dua jenis keputihan yaitu pertama tipe fisiologis yang disebabkan karena kondisi fisik tertentu seperti menjelang dan sesudah menstruasi serta menjelang ovulasi.

"Tipe kedua, tipe patologis, yaitu karena adanya infeksi seperti jamur candidiasis, atau bacterial vaginosis, trichomonas, hingga gonorrhea akibat perempuan tidak menjaga kesehatan reproduksinya," jelas dr. Cynthia dalam webinar yang diselenggarakan Andalan Feminine Care dikutip hallolampung.com.

Baca Juga: Kiat Bisnis Batik Ala Diani Kartini, Ahli Bedah yang Jatuh Cinta pada Batik

Cut Vellayati selaku Marketing Manager DKT Indonesia mengatakan, ada tiga manfaat menjaga kesehatan reproduksi. Pertama, confidence yang dapat meningkatkan rasa percaya diri perempuan secara signifikan. Kedua, happy, meningkatkan kebahagiaan bagi perempuan.

“Ketiga, in control, dapat mengurangi dan mengontrol rasa takut dan cemas karena area kewanitaan selalu terjaga kebersihannya,” kata Cut Vellayati yang menghadirkan sabun khusus area kewanitaan Andalan Feminine Care Intimate Wash.

Sisilism, selaku Sexual Health Activist & Educator menjelaskan beberapa tips praktis untuk menjaga kesehatan reproduksi bagi perempuan:

1. Bersihkan dengan arah yang benar
 Pada  saat selesai buang air, usap berulang dari pubic menuju perineum (dari arah depan ke belakang), bukan sebaliknya.

2. Bersihkan anus secara terpisah

Ini agar jangan sampai bakteri dari anus berpindah ke vagina

3. Bersihkan sekresi cairan di bagian vulva

Jaga agar tidak lembab serta pertahankan PH-nya agar seimbang.

4. Gunakan feminine wash khusus

Halaman:

Editor: Diana Alfiatri

Tags

Terkini

Doa Hujan Lebat yang Dibaca Nabi

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:23 WIB

5 Cara Mindfullness Bikin Diet Sukses

Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Terpopuler

X