4 Hal yang Harus Dilakukan Suami Jika Istri Cekcok dengan Ibu Mertua

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:57 WIB
Ilustrasi Menantu dan Ibu Mertua (Instagram/bukuharianseorangistri)
Ilustrasi Menantu dan Ibu Mertua (Instagram/bukuharianseorangistri)

HALLO LAMPUNG – Betapa bahagianya suami bila istri yang dicintainya juga sayang pada ibu suami alias ibu mertua. Namun, menantu dan mertua masing-masing memiliki watak berbeda. Apa yang harus dilakukan suami bila istri cekcok dengan ibu mertua?

“Jadi suami juga harus bijaksana. Ketika istri capek mengurusi rumah tangga dan mudah cekcok dengan ibu mertua, suami harusnya bisa menenangkan istri,” ujar dr Aisah Dahlan Cht,CM.NLP dikutip dari tayangan bertema Berdamai dengan Mertua di Yutub resmi draisahdahlan.

dr Aisah Dahlan memberikan tips bagaimana sebaiknya sikap suami bila istri tidak nyaman dan cekcok dengan ibu mertua:

1. Menenangkan istri
Tenangkan istri supaya tidak meledak marahnya

2. Tidak memarahi istri
Jangan memarahi istri karena hati istri sedang panas. Sebaiknya tenangkan istri

3. Dengarkan curhatan istri
Dengarkan saja bila istri curhat atau mengomel. Ini karena perempuan butuh ngomong atau ngomel. Secara neuroscience, lokasi bicara perempuan itu di otak kiri dan kanan, sedangkan laki-laki hanya di otak kiri. Karena itu, perempuan ngo mong 20 ribu kata per hari, sedangkan laki-laki hanya 7 ribu kata per hari. Kalau peremouan sudah ngomong, akan beres dengan sendirinya, dan biasanya gak meminta solusi.

4. Validasi emosi
Biasanya, 3 bulan kemudian, perempuan akan membicarakn lagi hal yang menjadi kerisauannya. Dengarkan saja. Itu memorinya mutar-mutar di otak. Setelah selesai ngomong, ya sudah jadi enak. Perempuan memang begitu. Sebaiknya suami bilang begini, “Kamu capek ya, kamu kesel ya?”.***

Editor: Diana Alfiatri

Tags

Terkini

Doa Hujan Lebat yang Dibaca Nabi

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:23 WIB

5 Cara Mindfullness Bikin Diet Sukses

Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Terpopuler

X