4 Cara Virus Hepatitis B Menular, Nomor 2 Terjadi pada Pasangan Selingkuh

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 11:00 WIB
Pengambilan darah (Unsplash)
Pengambilan darah (Unsplash)

HALLO LAMPUNG- Tak banyak tahu, penyakit hepatitis B ditularkan oleh virus HBV (Hepatitis B Virus). Waspadai, bagaimana penularan virus ini terjadi dan melalui media apa sajakah?

“Penyakit Hepatitis B dapat menyerang segala umur dari anak hingga dewasa. Penyakit ini disebabkan oleh  Hepatiti B Virus atau virus HBV yang menginfeksi organ hati,”  kata dr. Krisma Kurnia Sp.PD FINASIM.,  dalam bincang sehat melalui Live Instagram yang digelar Siloam Hospitals Yogyakarta baru-baru ini,

Secara umum, lanjut dr.Krisma, gejala terinfeksinya organ hati akibat virus HBV ini adalah mata dan kulit menguning, sakit perut, air urine keruh bahkan gatal hingga membengkak atau mengecilnya organ hati.

Lantas, bagaimana virus ini bisa menular ke orang lain? Virus menyebar melalui cairan tubuh penderita atau yang terinfeksi. Berikut 4 cara penularannya:

1. Melalui produk darah
Misalnya melalui jarum suntik yang tidak steril atau darah yamg tidak disaring.

2. Hubungan seksual tanpa alat pengaman
Waspadai suami atau istri bila terinfeksi virus HBV, gunakan kondom bila ingin berhubungan intim agar virus tidak berpindah ke pasangan. Waspadai juga bila pasangan selingkuh dengan orang yang mengidap hepatitis B.

3. Ibu (penderita) ke bayi dalam kehamilan


Bila sudah menginfeksi, virus menyebabkan infeksi yang terbagi menjadi dua, yaitu  infeksi akut dan infeksi kronis. “Infeksi akut dapat diartikan terjadi dalam kurun waktu selama enam bulan. Penanganan pada kondisi akut ini dapat dilakukan dengan segera mendatangi layanan kesehatan guna mendapatkan pengobatan secara tepat,” ungkap dr.Krisma.

“Jika pasien masih merasakan keluhan akibat infeksi ini bahkan secara kontinyu, itu artinya infeksi HBV telah mencapai tahap kronis akibat sistem imun tubuh tidak dapat melawan infeksi," tegasnya.

Yang harus diwaspadai, infeksi pada tahap kronis dapat menyebabkan komplikasi penyakit, yaitu kanker hati dan sirosis atau rusaknya organ hati akibat penyakit liver. “Ini terjadi pada  rentang waktu yang cukup lama, yaitu antara 10 hingga 15 tahun,” jelas dr.Krisma.***

Editor: Diana Alfiatri

Tags

Terkini

Doa Hujan Lebat yang Dibaca Nabi

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:23 WIB

5 Cara Mindfullness Bikin Diet Sukses

Kamis, 7 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Terpopuler

X