Sutjiati K Narendra, Tinggalkan Timnas Amerika Demi Membela Indonesia

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:10 WIB
Sutjiati Narendra saat tampil pada kualifikasi dan final perorangan serba bisa nomor pita di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (08/10/2021) (PB PON XX PAPUA/Nicklas Hanoatubun)
Sutjiati Narendra saat tampil pada kualifikasi dan final perorangan serba bisa nomor pita di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (08/10/2021) (PB PON XX PAPUA/Nicklas Hanoatubun)

HALLO LAMPUNG - Harapan pelatih senam ritmik Lampung Yuli Yanti terwujud. Anak didiknya, Sutjiati K Narendra, berhasil merebut dua medali emas dan satu perak pada cabang olah raga Senam Ritmik PON XX Papua 2021.

Kecermatan dan keyakinan Yuli Yanti, bahwa Sutjiati adalah bibit unggul, yang akan membela Lampung, Indonesia, dan memesona dunia, sekali lagi, kini terwujud.

Bukan hanya di ajang PON, pesona dara cantik kelahiran New York, 13 Februari 2004 itu, tak lama lagi akan berlaga di ajang Sea Games. Gerakan ritmis dan  penuh pesona akan dia tampilkan pada pesta olah raga se-Asia Tenggara itu, pada Maret 2022.

Di arena PON, gadis cantik 17 tahun ini menampilkan beragam gerakan menawan menggunakan bola dan mencetak total poin 18.700, lebih tinggi dari perolehannya di babak kualifikasinya yakni 16.750.

Dalam final senam ritmik nomor bola, Sutji mengungguli atlet asal DKI Jakarta, Carla Febri Florentia dan juga atlet Jawa Barat, Triana Putri Amelia.

Sejatinya, prestasi Sutjiati tidak datang secara tiba-tiba. Di balik medali emas dan perak, yang dia raih, terdapat proses panjang dan latihan keras tanpa lelah. Selain itu, ada kecintaan luar biasa di hatinya kepada senam ritmik.

Sutjiati adalah putri dari pasangan Andy Narendra dan Christina (AS). Dia lahir dan besar di New York, Amerika Serikat. Diasempat tercatat sebagai atlet timnas Gymnastic Amerika Serikat.

Namun, seiring perjalanan waktu, rasa cinta kepada Indonesia, tak mampu dia bendung. Puncaknya, dia memutuskan meninggalkan Amerika Serikat, untuk mengikuti orang tuanya pulang kampung ke Lampung, 2019 silam. Pada tahun yang sama, dia pun rela melepas statusnya sebagai atlet timnas Gymnastic AS.

Tinggal di Lampung, rasa cintanya kepada Indonesia semakin menggelora. Rasa ini pula yang menyemangatinya untuk terus berlatih senam ritmik. Hasilnya, dia terpilih mewakili Lampung di PON, dan tahun depan berlaga di Sea Games demi mengharumkan nama Indonesia.

Kelak, pesona Sutjiati akan menyedot perhatian dunia.***

Editor: Pamudji S

Tags

Terkini

Legenda Bola, Pele Kembali Dilarikan ke Rumah Sakit

Sabtu, 18 September 2021 | 08:10 WIB

Raih 9 Medali, Indonesia Peringkat 43 Paralimpiade Tokyo

Minggu, 5 September 2021 | 22:50 WIB

Amali Yakin Hari Ini Indonesia Sabet Emas Lagi

Minggu, 5 September 2021 | 08:06 WIB

Terpopuler

X